Minggu, 13 September 2015

[ Evaluasi ] Mengapa hasil Komparasi Test Race di Session Berbeda tidak bisa Digeneralisasikan?

Balapan kuwi ra onok enteke, yuk disambi mangan lontong
balap sik cak! omg, wuenak tenan...juosss. Alhamdulillah
Hello World!

Pernah ramai diperbincangkan kalo motor batangan X150 bodong 'mengalahkan' X150 fairing. Atau motor X150 'mengalahkan' Z250 di tes akselerasi racelogic. Tetapi tentang acuannya bro, apakah timing (data) pengukurannya sama?

Ada beberapa parameter teknis yang perlu diperhatikan, jika pengetesan dilakukan di hari/rentang waktu yang berbeda, yaitu:

  1. Samakah pengaruh laju angin yang bertiup?
  2. Samakah lokasi (dan kondisi) atau jalan yang digunakan?
  3. Samakah rider yang mengetesnya? Bisa jadi tester berbeda orangnya (otomatis bobot mungkin berbeda). Jika orangnya ternyata sama, bagaimana kondisi fisiknya? Bertambah gemuk atau bertambah kurus? Sedang enak badan, sakit, lapar atau ngantuk? Atau sedang banyak pikiran, mental sedikit down? 
  4. Bagaimana kondisi motornya? Motor yang sama atau berbeda? Masih kinyis-kinyis atau sudah pernah dipakai?
Meski akhirnya kesimpulan merupakan hasil rerata atau resultan, tetap saja tidak bisa dibandingkan secara gebyah uyah jika hasilnya didapat dari waktu yang berbeda.

Karena itu ane tidak heran jika ada motor 150 cc 'seolah' menang dari 250 cc, selama hal tsb tidak diukur dalam waktu yang bersamaan dan tidak ada data pendukung apa saja yang lain yang akurat yang menjelaskannya. Bisa saja kan waktu itu ban 250-nya sedang agak kempes atau ridernya kegemukan? #hehe becanda ding...

Analoginya seperti laptime tercepat di Free Practice tidak bisa dijadikan acuan secara tepat persis akan sama terjadi dengan di Race. Okelah, ane ada nemu data (sumber sekunder) komparasi Adu Drag motor Sport 150 cc (bisa dibandingkan dengan punya bro). Jika hasilnya berbeda, ya wajar saja, sesuai alasan diatas. #intinya, input beda, hasilnya juga bakal beda
Sumber: lajupacu
Ada tanggapan lain?....Atau???...s3l4m4t dikoenjah2 ajah dech.....#lontonge, eh

* Bonus:

- Ninja Megapro 150 cc??? ... wuapik tenann rek...wkwkwkwk



Tidak ada komentar:

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag ini (untuk menambahkan link dst): a href="",b,strong,del,i,strike

Posting Komentar

You may also like

Baca juga

You may also like

LinkWithin